Tips Mengatasi Android lemot

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hai guys, di zaman modern ini, kita sudah tidak asing dengan yang namanya gadget, mau itu laptop, tab, smartphone, dan sebagainya. Pasti diantara kalian ada yang memiliki android, ya kan? Kinerja android saat kita pertama kali memakainya terbilang sangat bagus dan mulus tanpa adanya hambatan.

Seiring waktu, performa android kalian perlahan-lahan melambat atau bisa dibilang lemot. Mungkin kalian bertanya-tanya “kenapa tiba-tiba androidnya jadi lambat begini?” atau “Emang dari kemaren gue ngapain aja sampai hape lemot begini?” atau semacamnya.

Namun, jangan khawatir. Kali ini, saya akan memberitahu kalian cara untuk meningkatkan kembali performa androidmu seperti sedia kala. Kalian bisa mencoba langkah-langkah berikut:

1.Cari tahu penyebabnya

Pertama, kalian cari tahu dulu penyebabnya. Bisa jadi karena size aplikasi, foto-foto, atau mungkin android kalian sendiri. Lakukan dengan teliti sampai tahu semua penyebabnya. Jika kalian sudah mengetahui semua penyebabnya, ayo coba langkah selanjutnya.

2.Memory penuh

Memory, baik itu internal maupun eksternal, mempengaruhi kinerja android kalian. Semakin penuh memori kalian, semakin lambat kinerja androidnya. Disarankan untuk uninstall aplikasi yang tidak diperlukan, hapus cache tiap aplikasi, dan file-file lainnya seperti foto, musik, video, dan sebagainya. Jika dirasa cukup sudah melakukannya, lanjut.

3.Kurangi widgets

Terlalu banyak menggunakan widgets pada laman utama sangat mempengaruhi kinerja android. Misal kalian memasang widgets cuaca yang akan terus mengupdate kondisi cuaca di sekitar kalian setiap 30 menit, dan kalian juga memasang widgets facebook yang akan terus memperbarui status facebook kalian. Seperti orang yang melakukan multi-tasking, meski cepat, orang tersebut pasti akan lelah. Sama halnya dengan android, jika kalian memasang terlalu banyak widgets pada laman utama, otomatis RAM yang akan dipakai semakin besar, dan tentu saja, mengganggu kinerja android kalian. Kalian dapat menghapus widgets yang tidak diperlukan. Jika dirasa cukup, yuk lanjut.

4.Tutup Aplikasi dan Boost/Bebaskan RAM

Menggunakan beberapa aplikasi tanpa menutupnya kembali mempengaruhi kinerja android, seperti multi-tasking yang telah dijelaskan. Lebih baik tutup aplikasi yang tidak digunakan agar tidak menambah RAM mengganggu kinerja android.

RAM juga perlu di-Boost atau dilepaskan. Caranya bisa dengan menggunakan aplikasi Clean Master, bisa juga dengan membuka system notifications yang ada dibagian atas, lalu pilih “Boost RAM” atau sejenisnya. Jika sudah, lanjut.

5.Restart Android

Sederhana saja, dengan me-restart android, kalian sudah membebaskan RAM, membebaskan cache, dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan dalam sekali coba, dan android kalian akan bekerja seperti sedia kala.

Mungkin sampai sini saja tips-tipsnya. Thanks for reading!-gm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *