Fakultas Pertanian dan Peternakan

Fakultas Pertanian dan Peternakan, yang biasa disingkat menjadi FPP, merupakan salah satu fakultas dari 12 fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang. FPP dibagi menjadi 6 jurusan atau Prodi yaitu:

  1. Agribisnis
  2. Agroteknologi
  3. Ilmu dan Teknologi Pangan, biasa disingkat menjadi ITP
  4. Kehutanan
  5. Perikanan
  6. Peternakan

Saya merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang prodi ITP.

Program studi Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan prodi yang berakreditasi “B”. ITP berkomitmen untuk mendidik mahasiswa menjadi Entrepeneur atau Wirausahawan dengan penggalian potensi hayati, hewani, dan bioteknologi pangan.

ITP tentunya memiliki visi dan misi. Visinya adalah menjadi lembaga terunggul dalam penyelenggaraan pendidikan, pengembangan ilmu dan teknologi pangan yang aman dan halal, serta menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai Islam untuk kesejahteraan manusia dan lingkungan. Misi ITP diantaranya:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berkualitas dalam rangka menghasilkan Sarjana di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan yang Islami, profesional, dan mandiri.
  2. Meningkatkan penelitian di bidang Ilmu dan Teknologi Pangan yang aman dan halal guna mendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas
  3. Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan ilmu dan teknologi pangan yang aman dan halal
  4. Meningkatkan dan mengembangkan kerjasama dengan pihak lain dalam lingkup regional, nasional, maupun internasional.

Fasilitas yang disediakan oleh ITP yakni Ruang kuliah yang representatif dengan LCD Projector, Laboratorium Teknologi Hasil Pertanian, Laboratorium Bioteknologi, Laboratorium Unit Produksi dan Laboratoium Ilmu Dasar (Kimia, Biologi, Fisika dan Komputer). Laboratorium tersebut telah dilengkapi dengan berbagai alat-alat canggih antara lain HPLC (Hidh Performance Liquid Cromatografi), Spektrofotometer, Vacum Frying, Refraktometer, Vacum Sealer dan lain-lain. Sehingga memungkinkan para mahasiswa untuk mendapatkan nilai plus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *