“Planet” Bekasi

Assalamu’alaikum wr. wb.

Hai, disini Geem. Alhamdulillah, saya diberi kelancaran oleh Allah SWT. sehingga saya bisa membuat postingan pertama ini. Kali ini, saya akan membahas tentang daerah asal saya, yaitu Bekasi.

Bekasi terletak di Jawa Barat, dan berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta bagian timur. Meski tempatnya yang nyaman, tentram, dan tentunya strategis, Bekasi memiliki intensitas penduduk dan volume kendaraan yang sangat tinggi, sehingga terjadilah macet yang bisa dibilang cukup parah dimana-mana. Untuk sampai ke kota Bekasi, menurut pengalaman saya itu dibutuhkan waktu setidaknya 2 jam (rumah gue sekitar 23km dari Bekasi) dan sekitar 1 jam 30 menit dari Jakarta (Jakarta-Bekasi sekitar 15km). Karena kondisi inilah Bekasi dikenal sebagai “Planet Bekasi”. Tetapi, saya tetap bersyukur bisa tinggal di Bekasi karena mudah mendapatkan barang yang diinginkan, event-event yang keren dimana-mana, Koneksi internet yang cepat dan stabil, dan transportasi baik umum maupun online dimana-mana.

Bekasi mempunyai budaya tersendiri, salah satunya adalah Wayang Bekasi. Pertunjukan ini mirip seperti Wayang Jawa, hanya saja Wayang Bekasi memakai bahasa sunda. Bekasi juga mempunyai makanan khas, yakni Sayur Gubus Puncung, dan tentu saja ada minuman khas Bekasi, yaitu Bir Pletok.

Selain memiliki sebutan “Planet Bekasi”, Bekasi juga memiliki nama lain, yaitu “Kota Patriot”. Nama ini sendiri diambil dari sejarah Bekasi yang ingin melepaskan diri dari Provinisi Batavia, dan juga tidak mau bergabung dengan Kerajaan Pasundan yang didirikan oleh Belanda. Sejarah Patriotisme ini bisa dilihat dalam puisi karya Chairil Anwar yang berjudul “Karawang-Bekasi”. -gm

 

0 thoughts on ““Planet” Bekasi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *